Senin, 02 April 2018

Pisang


Biasanya, pada pemilihan bibit pisang ini digunakan dengan menggunakan tunas. Tinggi tunas yang biasanya digunakan untuk menjadi bibit adalah yang memiliki tinggi sekitar 1 – 1.5 m yang memiliki kelebaran umbi sekitar 15 – 20 cm. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya anakan yang digunakan adalah yang diambil dari tanaman pisang yang termasuk dalam kategori yang sehat serta baik. Selain itu, ketinggian dari bibit tanaman ini juga akan berpengaruh terhadap produksi dari tanaman pisang itu sendiri.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.
Keanekaragaman pisang Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Teori mengenai keragaman genetik pisang budidaya

Pisang budidaya pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Persilangan alami dengan Musa balbisiana memasukkan genom baru, disebut B, dan menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang. Pengaruh genom B terutama terlihat pada kandungan tepung pada buah yang lebih tinggi. Secara umum, genom A menyumbang karakter ke arah buah meja (banana), sementara genom B ke arah buah pisang olah/masak (plantain). Hibrida M. acuminata dengan M. balbisiana ini dikenal sebagai M. ×paradisiaca. Khusus untuk Kelompok AAB, nama Musa sapientum pernah digunakan.
Mengikuti anjuran Simmonds dan Shepherd yang karyanya diterbitkan pada tahun 1955, klasifikasi pisang budidaya sekarang menggunakan nama-nama kombinasi genom ini sebagai nama kelompok budidaya (cultivar group). Sebagai contoh, untuk pisang Cavendish, disebut sebagai Musa (AAA group Dessert subgroup) 'Cavendish'. Di bawah kelompok masih dimungkinkan pembagian dalam anak-kelompok (subgroup). Lihat pula artikel Musa untuk pembahasan lebih mendalam.

6 Cara Menanam Pohon Pisang Agar Cepat Berbuah

Buah pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak akan manfaat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh. Tanaman pisang ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat kita terlebih karena tanaman ini sudah sangat sering ditanam pada rumah.

Terlebih, peluang bisnis yang bisa didapatkan dari pisang ini juga masih sangat luas karena banyaknya manfaat yang bisa diapatkan. Secara umum, saat ini pisang tidak banyak yang melakukan budidaya secara intensif. Hanya sebagian kalangan saja yang melakukan budidaya secara masif. Oleh karena itu, budidaya buah pisang sangat diminati oleh semua kalangan. Berikut adalah teknik yang dibutuhkan untuk cara menanam pohon pisang agar vepat berbuah.
1. Pembibitan dari Tunas Pisang
Pada bibit anakan tanaman pisang ini sendiri juga dibagi menjadi dua jenis: anakan tua serta muda. Dalam hal ini, anakan dewasa akan memiliki potensi untuk lebih baik dijadikan bibit karena kesiapannya lebih matang, yaitu telah memiliki calon bunga dan persediaan makanan yang tersedia didalam batang. Selain itu, penggunaan tunas bibit yang masih berbentuk tombak dan daun yang masih seperti pedang juga lebih dibaik daripada daun dari tunas sudah melebar.
Untuk mendapatkan bibit, hal yang dapat kita lakukan adalah dengan cara membeli atau ambil dari kebun sendiri. Pada penanamannya itu sendiri, bibit akan di tanam pada jarak yang tidak terlalu rapat antar pohonnya yaitu dengan jarak 2 x 2 m. Pada pohon induk akan dibiarkan terdapat beberapa tunas sekitar 7 hingga 9 buah tunas. Apabila lebih dari itu, sebaiknya dilakukan pula pemangkasan agar dapat mengurangi jumlah tunas yang ada.
Selain itu, guna untuk menghindari terkenanya hama serta penyakit pada tanaman pisang. Biasanya sebelum penanaman bibit perlu dilakukan beberapa cara berikut.
  • Setelah memotong tunas tanaman pisang, sebaiknya kita membersihkan tanah yang terdapat pada tunas tanaman pisang.
  • Lakukanlah penyimpanan bibit pada tempat yang teduh selama 1 hingga 2 hari agar potongan yang terdapat pada umbi pisang mengering. Kemudian, buanglah daun-daun lebar yang terdapat pada batang tanaman.
  • Lakukan perendaman terhadap bibit umbi, tetapi hanya sebatas leher dari batang saja dengan menggunakan insektisida 0.5 – 1% kurang lebih 10 menit. Kemudian bibit dikeringkan kembali
  • Apabila tidak memiliki insektisida, sebaiknya kita merendam umbi tanaman pisang dengan menggunakan air bersih yang mengalir selama kurang lebih 48 jam.

2. Media Tanam

Untuk perkembangannya, tanaman pisang dapat tumbuh dengan menggunakan tanah yang memiliki banyak humus, memiliki kandungan kapur maupun tanah yang berat. Karena pada dasarnya tanaman ini menyerap banyak nutrisi yang terdapat pada tanah maka sebaiknya pembudidayaan tanaman pisang menggunakan media tanam atau tanah berhumus yang telah dilakukan pemupukan.
Selain itu, air juga harus tersedia untuk menumbuhkan tanaman pisang. Meskipun sangat dibutuhkan, tetapi kita tidak boleh membuat tanaman tersebut tergenang oleh air. Tetapi, penanaman dari tanaman pisang itu sendiri harus diairi secara intensif. Apabila tanaman pisang ditanam pada tanah yang basah, ketinggian air yang dibutuhkan untuk menanam adalah 5 hingga 200 cm.
Apabila di daerah setengah basah adalah sekitar 100 – 200 cm dan apabila di daerah yang tergolong kering yaitu 50 – 150 cm. Apabila media tanam yang digunakan berupa tanah yang sebelumnya telah mengalami erosi, maka hasil panen yang dihasilkan dari tanaman pisang tidak akan maksimal. Selain itu, tanah yang dibutuhkan untuk menanam pisang adalah tanah yang tergolong mudah untuk menyerap air. Selain, itu tanaman pisang tidak dapat tumbuh apabila tanah yang digunakan mengandung garam sekitar 0.07%.
3. Pengolahan Media Tanam Pisang
Cara menanam pohon pisang sangat mudah yaitu dengan penglolahan media tanam yang baik. Ketika membuka lahan yang akan digunakan untuk menanam. Sebaiknya lahan yang akan digunakan telah dipertimbangkan sematang mungkin, khususnya dibagian iklim, ekonomi, serta letak pasar tempat dimana pisang kemudian akan diolah kembali. Selain itu perlu diperhatikan pula dari keamanan dari tempat menanam tanamannya.
Lahan yang digunakan juga sebaiknya telah bersih dari hama-hama penggangu yang apabila dikemudian hari dikhawatirkan akan menggangu proses pertumbuhan dari tanaman pisang itu sendiri. Dan perlu dilakukannya penggeburan tanah agar terjadinya proses pertukaran udara serta racun-racun yang terdapat di tanah dan membuat saluran irigasi agar saluran air dapat dikontrol dan tidak membuat tanaman pisang mendapatkan terlalu banyak air dalam proses pertumbuhannya.
Selain itu, tanah sebaiknya dibuat teras apabila posisi tanah berada di kondisi tanah yang miring, sebaiknya dibuat teras agar keadaan tanah dapat digunakan untuk menanam. Tanamlah tanaman seperti lamtoro guna ntuk menjaga tanah agar tidak terjadinya erosi.
Pembuatan saluran air kemudian sebaiknya dibuat dengan kemiringan yang kecil apabila berada di tanah yang datar. Kemudian pada sekitar saluran air ditanami tanaman agar menghindari erosi pada saluran air yang telah dibuat.
4. Teknik Menanam Pisang
Pada 3 bulan pertama, buatlah jarak antar tanaman yang terbilang cukup lebar. Gunakan pola tanaman tumpeng sari antar tanman. Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm pada tanah yang tergolong berat, 30 x 30 x 30 cm untuk tanah gembur dan kerapatan antar tanaan 3 x 3 untuk tanah yang berukuran sedang dan 3.3 x 3.3 untuk tanah yang berat. Cara menanam Pohon pisang dilakukan menjelang musim penghujan, sebelumnya lubang harus diberikan pupuk organic sebanyak 15 – 20 kg. Dengan memberikan pupuk organic, maka buah yang dihasilkanpun akan menjadi lebih baik.
5. Teknik Pemeliharaan Tanaman pisang
Untuk mendapatkan hasil yang tanaman pisang yang baik. Maka sebaiknya dilakukan pemotongan terhadap tanaman pisang hingga terddiri atas 3 – 4 batang pada satu rumpun. Apabila telah memasuki tahun kelima, maka sebaiknya rumpun diganti dengan tanaman yang baru.
Proses penyiangan harus secara regular dilakukan guna untuk membersihkan rumput liar atau hama parasite yang berada pada sekitar tanaman pisang. Seperti proses penyaingan pada umumnya, sebaiknnya dilakukan proses penggemburan tanah dan menimbun kembali dappuran oleh tanah agar tunas dan akan semakin banyak. Hati-hati ketika sedang melakukan penyiangan karena akar tanaman pisang ini terbilang sangat pendek, yaitu hanya 15 cm dibawah permukaan dari tanah.
Membersihkan daun-daun yang sudah mulai mengering juga perlu dilakukan guna untuk menjaga kebersihan tanaman dan lingkungan, hal ini biasa disebut dengan perempalan.
Lakukanlah penyiraman agar tanaman pisang yang ditanam dapat tumbuh subur dan menghasilkan jumlah produksi pisang yang banyak. Berikanlah air kepada tanaman dengan cara menyiraminya atau dengan memberikan air pada parit-parit yang berada di sekitar tanaman pisang.
Biasanya, hama yang berada pada tanaman pisang ini adalah ulat buah, ulat daun, dan ulat bunga. Cara termudah mengatasinya adalah dengan cara menggunakan insektisida seperti Malathion dan Pestona.6. Ketinggian Tempat Menanam Pisang
Sebenarnya, tanaman pisang ini tergolong tanaman yang dapat ditanam dimana saja, yaitu dapat menerima kondisi dataran tinggi serta kekeringan. Apabila di Indonesia, pada umumnya pisang dapat tumbuh dan berkembang di dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian yang mencapai 2.000 mdpl. Tetapi, untuk jenis yang lainnya dapat mencapai ketinggian 1.000 mdpl

23+ Jenis Pisang Yang Baik Dikonsumsi beserta Manfaatnya (PERLU DIKETAHUI)

Jenis jenis pisang. Selamat datang di portal santaidamai.com. apa yang anda ketahui tentang buah pisang ? Ternyata jenis-jenis buah pisang banyak yang harus anda ketahui. Disisi lain buah pisang juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan manusia.
Pisang merupakan buah yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan buah pisang dan karbohidrat menjadikan buah pisang dimanfaatkan berbagai olahan. Sehingga tidak jarang kita melihat buah pisang dibuat sebagai bahan dasarnya.
Buah pisang juga memiliki berbagai jenis yang perlu anda ketahui. Disini saya akan mengulas berbagai jenis pisang yang ada di dunia.
Content [show]

Jenis-Jenis Pisang dan Kandungan Gizi

Begitu banyak jenis buah pisang yang ada di dunia ini. Memang buah yang satu ini sangat digemari oleh oleh masyarakat umum. Buah pisang ini setiap jenisnya mempunyai golongan tersendiri. Ada beberapa jenis buah pisang yang perlu anda ketahui diantaranya :

Jenis Pisang raja

jenis jenis pisang
jenis pisang raja-www.khasiat.co.id
Pisang raja memiliki cirri-ciri buah yang yang melengkung. Kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang pisang ini berwarna orange.dan memiliki aroma yang harum.  Ukuran pisang ini tidak terlalu besar maupun kecil.
Cirri lain dari pisang ini adalah apabila belum masak pisang berwarna hijau. Kemudian warna kulit berubah menjadi keemasan. Pisang ini bisa langsung dikonsumsi tanpa digoreng terlebih dahulu.
Pada umumnya pisang ini dijadikan olahan sebagai keripik. Namun pengolahanmenggunakan pisang yang belum matang. Selain itu ada beberapa jenis buah pisang raja yang mempunyai keunggulan masing-masing. Berikut jenis buah pisang raja yang perlu anda ketahui.

Pisang Raja Sereh

jenis pisang
jenis pisang raja sereh-i0.wp.com
Pisang raja sereh memiliki warna kuning kecoklatan. Namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap.  Daging pisang ini berwarna putih dengan tekstur lunak dan sedikit asam.
Kandungan yang dimiliki pisang ini sangat banyak. Apabila dikonsumsi dapat menyehatkan bagi tubuh. Setiap satu buah sereh mengandung energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg, dan fosfor 29 mg. Selain itu pisang sereh mengandung vitamin A, B10 dan C

Pisang Raja Molo

jenis pisang
jenis pisang raja molo
Pisang raja molo memiliki panjang sekitar 12 cm dengan diameter 2,4 dan berat 100 g. Warna pisang ini berwarna kuning kemerahan dan setiap buah tidak memiliki biji.

Pisang Raja Uli

jenis pisang
jenis pisang uli-hidupmulia.net
Pisang raja ulin memiliki cita rasa yang sangat manis. Jadi pisang ini cocok dijadikan sebagai olahan makanan. Setiap tandannya terdiri 5 sampai 8 sisir. Dengan berat tiap buah 120 g. pada umumnya pisang ini lebih enak langsung di rebus atau digorengan sebagai camilan.

Pisang Raja Nangka

jenis pisang
jenis pisang nangka
Bunga pisang nangka ini sangat popular di wilayah Malaysia dan Indonesia. Tekstur buah ini sangat tebal dan berwarna hijau ketika matang. Namun seandainya terlalu matang, warna kulit pisang nagka akn berubah menjadi kuning dan sedikit lembek.
Rasa yang yang dimiliki pisang nangka sangat manis dan sdikit asam dan aroma yang sangat harum. Setiap sisirn buah ini terdiri dari 14-24 buah. Pisang ini baru bisa dipanen ketika sudah berumur 138 hari.

Pisang Raja Udang

Pisang raja udang ini sangatlah mudah untuk dikenali. Jenis kulit pisang ini berbeda dengan pisang lainnya. Tekstur buah raja udang ini halus dan rasanya manis akan tetapi sedikit masam. Pisang raja udang ini juga bisa langsung dikonsumsi sebagai pisang cuci mulut. Bahkan banyak orang pisang ini dibuat sebagai bahan dasar makanan.
Hasil gambar untuk gambar pisang raja udang

Pisang Raja Lawe

jenis pisang
jenis pisang raja lawe
Buah pisang ini memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk satu buah pisang bisa mencapai panjang 30 cm. Banyak ditemui daerah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pisang Raja Bulu

jenis pisang
jenis pisang raja bulu
Buah pisang raja bulu ini memiliki kulitnya tebal. Ketika sudah matang warna kulitnya akan menguning dengan adanya bintik bintik coklat. Selain itu, ciri ciri pisang raja bulu ini buahnya cukup besar, akan tetapi tidak sebesar pisang tanduk.

Pisang Barangan

jenis pisang
jenis pisang barangan
Buah pisang baranga memiliki cirri bertekstur lurus dengan panjang 11 cm dan berdiameter 30 mm. warna daging ini berwarna kuning dan sedikit kuning. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara.
Pisang ini mepunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Sehingga tidak heran seandainya pisang ini dijadikan komoditi unggulan di wilaya Sumtra Utara.  Setiap 100 g pisang barangan mengandung energy 110 kal, karbohidrat 25,8 gr, protein 1,2 gr, dan vitamin C3 gr.
Tidak hanya di Sumatra saja pisang ini dibudidayakan. Banyak di wilayah Jawa yang membudidayakan pisang ini. Bahkan pisang ini juga sangat digemari oleh masyarakat Jawa.

Pisang Giant Cavendish

jenis pisang
jenis pisang giant cavendish
Jenis pisang gian Cavendish merupakan jenis pisang dengan komoditi ekspor terbesar di Filipina. Saat matang warna kulinya berwarna kuning cerah. Buah ini memiliki ukuran panjang 15-22 cm dengan diameter 3-4 cm. daging pisang ini sangat lembut dengan rasa yang manis dan aroma yang harum.
Dalam satu tandan buah pisang Cavendish terdapat 14-20 sisir dengan tiap sisir berisi 16-20 buah. Pisang ini mampu bertahan 28 hari.

Pisang Mas

jenis pisang
jenis pisang mas
Buah pisang ini memiliki cirri warna keemasan dan saat matang dengan kulit yang tipis. Tekstur daging buah ini halus dan beraroma sangat harum manis. Sangat cocok untuk langsung dikonsumsi atau digoreng. Selain itu pisang ini memiliki bentuk kecil dan terbilang mungil.
Banyak dalam event, pisang ini dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Selain rasanya manis, kulit pisang mas memilki keampuhan, bisa menyerap racun-racun dan bahan kimia yang berbahaya.
Pisang ini sangat baik dikonsumsi bagi balita. Selain rasanya manis, harga pisang ini lebih murah disbanding pisang lainnya.

Pisang Kepok

jenis buah pisang
jenis pisang kepok
Buah pisang kapok memilki tekstur tebal dengan daging buah berwarna krem dan halus. Ketika mentah pisang ini berwarna hijau dan kuning saat matang. Pada umumnya pisang ini dikonsumsi lebih lezat ketika direbus dan digoreng.
Buah pisang kapok memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Pisang ini mampu memngatasi sembelit dan melancarkan system pencernaan pada manusia. Biasanya pisang kapok dijadika bahan dasar olahan makanan roti bolu.

Pisang Kluai Hong Thong

jenis buah pisang
jenis pisang kluai hong thong
Jenis pisang kluai hong tong ini mirip denga pisang Cavendish. Namun pisang ini memiliki ukuran lebih kecil dan pelepah berwarna merah jambu pucat. Pisang ini memilki kulit yang cukup tebal dan berwarna kuning saat matang.
Rasa yang manis dan aroma harum, piang ini sangat cocok dijadikan bahan dasar olahan makanan. Setiap buah pisang kluai hong tong berukuran 15-22 cm dan diameter 3-4 cm. Namun setiap sisirnya hanya berisi 4-6 sisir saja.

Pisang Tanduk

jenis buah pisang
jenis pisang tanduk
Dikawasan Negara ASEAN pisang tanduk memiliki sebutan berbeda-beda. Pada sebagian Negara pisang ini dijadikan sebagai makanan yang sangat penting. Pisang ini memilki ukuran panjang 25-35 cm denga diameter 6-7 cm.
Setiap sisirnya terdiri dari 10-15 buah dengan berat mencapai 7-10 kg. Buah pisang ini tidak enak kalau langsung dikonsumsi, namun akan berasa manis saat dimasak.

Pisang Awak

jenis pisang awak
Jenis pisang ini mempunyai 18 sisir dengan setiap sisir bisa mencapai 11 buah. Panjang buah ini mencapai 15 cm dengan diameter 4 cm. Saat matang buah pisang ini akan berwarna putih kekuningan. Buah pisang awak sangat baik dikonsumsi bagi balita. Sebab buah ini bagus untuk perkembengan dan pertumbuhan balita.

Pisang Lampung

jenis buah pisang
jenis pisang lampung
Pisang ampung hamper mirip denga pisang mas. Hanya saja ad perbedaan terletak pada ujung buahnya. Jika diperhatikan ujung pisang lampung dominan lancip sedangkan pisang mas sedikit tumpul.
Setiap tandannya pisang lampung terdiri dari 6-8 sisir dengan tiap sisir terdiri 18-20 buah. Pisang ini disajikan sebagai makanan pencuci mulut. Karena rasanya yang manis dan aroma yang harum.

Pisang Kapas

jenis pisang
jenis pisang kapas-1.bp.blogspot.com
Buah pisang kapas cocok digunakan sebagai bahan dasar olahan makanan. Karena buah ini memilki aroma yang harus dan rasa yang manis. Setiap sisirnya pisang ini terdiri dari 15 buah dan panjang mencapai 6 cm. Bentuk kulit pisang ini sangat tebal dan berwarna kuning berbintik hitam.

Pisang tongkat Langit

jenis pisang tongkat langit
Buah pisang tongkat langit terbilang sangat unik, bianya pisang ini banyak ditemukan di wilayah Maluku. Hal yang mebuat unik pada pisang ini adalah tandan buahnya menuju keatas dan memlki warna merah jingga.
Orang Maluku menyebut pisang ini sebagai obat yang mujarat penyakit kuning. Setiap sisirnya memilki berat 1,2 kg, panjang 20 cm dan mempunyai diameter 13 cm.

Pisang Kidang

jenis pisang
jenis pisang kidang
Buah pisang kidang terkenal dengan warna kulit berwarna merah jingga dengan daging buah warna putih. Rasa pisang ini sangat manis dan aroma yang sangat harum. Sehingga pada umunya pisang ini dijadikan sebagai pencuci mulut.

Pisang Badak

Pisang badak memilki warna hijau kekuningan saat sudah matang dan kulit cukup tebal. Bentuk buah pisang ini sedikit melengkung dengan ujung lancip. Rasa pisang ini sangat manis dan tidak memilki biji. Setiap pohon pisang badak menghasilkan 180 buah denga rata-rata berat 75 g.

Jenis Pisang Ambon

Berikut ini jenis pisang ambon yang mantap dikmati. Selain memiliki warna kulit yang berbeda, jenis pisang pisang ambon juga mempunyai cita rasa yang berbeda. Untuk lebih jelasnya tentang jenis pisang ambon, mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Pisang Ambon Lumut

jenis jenis pisang
 
Pisang ambon lumut memiki keunikan yaitu saat suadah matang warna tetap berwarna hijau. Namun jika terlalu matang warnya akn berubah menjadi kekuningan bercak coklat. Pisang ini memiliki bentuk lurus dengan panjang 15-17 cm pkdan diameternya 44 mm dengan kulit cuklup tebal.
Buah pisang ambon lumut memilki aroma yang harum dengan tanpa biji. Ukuran buah pisang ini lebih kecil dibandingkan dengan bah pisang ambon lainnya. Jenis pisang ini bisa dapat dikonsumsi langsung.

Pisang Ambon Putih

Buah pisang ambon putih memilki sebutan berbeda beda disetiap negara. Di Filiphina menyebutnya dengan pisang ambon dan di Thailand dan Malaysia menyebutnya dengan kluai hom dok main an pisang embun. Bentuk pisang ini lebih besar dibandingkan dengan pisang ambon lumut.
Warna kulit putih kekuningan saat matang. Pisang ini cocok dikonsumsi bagi balita untuk makanan awal. Karena pisang ini memilki rasa sedikit asam dan aroma yang harum.

Pisang Ambon Kuning

Buah pisang ambon kuning memilki ukuran lebih besar dan memiliki bentuk buah bmelengkung sedikit ke atas. Kulitnya tidak terlau tebal dan daging buahnya berwarna kuning putih kemrahan. Rasa yang manis dan aroma yang harum lmenjadikan pisang ini sebagai makanan pencuci mulut.

Manfaat Buah Pisang Puat Kesehatan

Selain dijadikan bahan utama dalam pembuatan roti, buah pisang ini memiliki kandungan gizi yang  baik untuk kesehatan, diantaranya sebgai berikut.
  1. Bagus untuk pencernaan
Buiah pisang adalah buah yang mudah dicerna. Kandungan gula yang terdapat didalamnya diubah menjadi sumber energy dan bagus berproses secara cepat.
  1. Mengobati anemia
Kandungan zat bengi pada pisang sangat tinggi sehingga bagus untuk penderita anemia.
  1. Baik untuk lambung dan mencegah kanker usus
Kandungan gula yang terdapat didalam buah pisang dapat dipakai sebagai sumber energy. Sehingga pisang bagus untuk lambung dan dapat mencegah penyakit kanker usus.
  1. Mencegah asma
Kandungan antioksidan dan vitamin terdapat buah pisang dapat menurunkan gejala asma sebesar 34%.
  1. Diet alami
Bagi anda yang ingin diet maka konsumsi buah pisang. Sehingga berat badan dengan berat berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu non-folat. Untuk mempercepat masa diet maka konsumsi 3 kali dalam seminggu. Diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih.
  1. Menyegarkan wajah
Ternyat buah pisang bagus untuk penyegaran pada wajah. Caranya dengan bubur pisang ditambah sedikit susu dan madu. Kemudian dioleskan ke wajah setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit. Setelah dibasuh dengan air hangat, terakhir dibasuh dengan air dingin. Sehingga akan membuat wajah Anda segar dan lebih bersih.
  1. Bagus untuk ibu hamil
Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang. Kandungan asam folatnya mudah diserap melalui rahim. Namun juga tidak boleh secra berlebihan Karena buah pisang mengandung 85-100 kalori.
  1. Menjaga kesehatan mata
Buah pisang juga dapat menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.
  1. Menormalkan fungsi jantung
Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus.
Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.
  1. Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.
  1. Liver
Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.
  1. Melancarkan peredaran darah
Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.
Nah itulah beberapa jenis-jenis pisang yang populer. Semoga  bisa bermanfaat untuk anda para pembaca.

Ini dia 10 varietas buah pisang unggulan Indonesia

Varietas buah pisang unggul
Indonesia merupakan negara penghasil buah pisang terbesar di Asia. Produksinya mencapai lebih dari 50% produksi pisang negara-negara Asia. Dengan jumlah produksi lebih dari 6 juta ton per tahun.
Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara Arab, Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Kebanyakan jenis buah pisang yang diekspor merupakan pisang cavendish.
Pisang (musa sp.) merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, saat ini ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis buah pisang, namun hanya ada sekitar 10 varietas yang menjadi komoditas unggulan, berikut diantaranya:
1

Pisang Ambon

Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau kulitnya berwarna hijau sesuai namanya meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat.
Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm. Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah. Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir.
Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang sama dengan ambon lumut. Pembedanya ada pada kulitnya yang berwarna kuning dan bentuk buahnya lebih melengkung. Dalam satu tandan ambon kuning terdapat 6-9 sisir, satu sisirnya terdapat 20 buah.
2

Pisang Raja Bulu

Varietas Buah Pisang
Pisang raja bulu sangat populer di Jawa. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal, saat matang kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14-16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6-19 sisir.
3

Pisang Raja Sereh

Varietas Buah Pisang
Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit yang tipis berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik hitam.  Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak keuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.
4

Pisang Barangan

Varietas Buah Pisang
Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.
Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahaan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering dan beraroma.
5

Pisang Mas

Varietas Buah Pisang
Pisang mas sesuai dengan namanya berwarna kuning mulus saat matang. Pisang ini populer sebagai hidangan saat ada pesta atau hajatan. Biasanya disajikan dengan cara digantung dalam satu tandan.
Buah pisang mas berukuran kecil, kulitnya tipis daging buahnya putih kekuningan.  Daging buahnya lunak, rasanya manis dengan aroma yang khas. Dalam satu tandan biasanya terdapat 5-9 sisir, dan dalam satu sisirnya terdapat 18 buah.
6

Pisang Mas Kirana

Varietas Buah Pisang
Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas namun ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Sehingga pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor.
7

Pisang Nangka

Pisang nangka termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu. Pisang ini jarang disajikan dalam bentuk segar karena daging buahnya cenderung kenyal.
Kulit buah pisang nangka cukup tebal dan berwarna hijau meskipun telah matang. Bila sudah kelewat matang baru berubah menjadi kekuningan hingga coklat. Pisang ini memiliki aroma khas mendekati aroma buah nangka.
Ukuran pisang nangka bisa mencapai panjang 15 cm. Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah.
8

Pisang Tanduk

Sama seperti pisang nagka, pisang tanduk termasuk jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Ukuran pisang tanduk terbilang besar, panjangnya bisa mencapai 28 cm.
Bentuk buahnya melengkung. Kulit buah pisang tanduk berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam, kulitnya cukup tebal. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah.
9

Pisang Kepok

Varietas Buah Pisang
Pisang kepok termasuk pisang olahan, umumnya disajikan dengan direbus atau digoreng. Kulitnya tebal berwarna kuning bila matang. Daging buahnya kekuningan. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, satu sisir terdiri dari 20 buah.
10

Pisang Cavendish

Varietas Buah Pisang
Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.
Pisang cavendish merupakan primadona ekspor. Pisang ini diminati oleh pasar Timur Tengah dan Cina. Sayangnya cavendish rentan terhadap serangan hama dan penyakit pisang.
Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir, satu sisir terdapat 6-9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.

Ini dia 10 varietas buah pisang unggulan Indonesia

Varietas buah pisang unggul
Indonesia merupakan negara penghasil buah pisang terbesar di Asia. Produksinya mencapai lebih dari 50% produksi pisang negara-negara Asia. Dengan jumlah produksi lebih dari 6 juta ton per tahun.
Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara Arab, Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Kebanyakan jenis buah pisang yang diekspor merupakan pisang cavendish.
Pisang (musa sp.) merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, saat ini ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis buah pisang, namun hanya ada sekitar 10 varietas yang menjadi komoditas unggulan, berikut diantaranya:
1

Pisang Ambon

Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau kulitnya berwarna hijau sesuai namanya meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat.
Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm. Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah. Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir.
Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang sama dengan ambon lumut. Pembedanya ada pada kulitnya yang berwarna kuning dan bentuk buahnya lebih melengkung. Dalam satu tandan ambon kuning terdapat 6-9 sisir, satu sisirnya terdapat 20 buah.
2

Pisang Raja Bulu

Varietas Buah Pisang
Pisang raja bulu sangat populer di Jawa. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal, saat matang kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14-16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6-19 sisir.
3

Pisang Raja Sereh

Varietas Buah Pisang
Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit yang tipis berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik hitam.  Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak keuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.
4

Pisang Barangan

Varietas Buah Pisang
Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.
Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahaan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering dan beraroma.
5

Pisang Mas

Varietas Buah Pisang
Pisang mas sesuai dengan namanya berwarna kuning mulus saat matang. Pisang ini populer sebagai hidangan saat ada pesta atau hajatan. Biasanya disajikan dengan cara digantung dalam satu tandan.
Buah pisang mas berukuran kecil, kulitnya tipis daging buahnya putih kekuningan.  Daging buahnya lunak, rasanya manis dengan aroma yang khas. Dalam satu tandan biasanya terdapat 5-9 sisir, dan dalam satu sisirnya terdapat 18 buah.
6

Pisang Mas Kirana

Varietas Buah Pisang
Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas namun ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Sehingga pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor.
7

Pisang Nangka

Pisang nangka termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu. Pisang ini jarang disajikan dalam bentuk segar karena daging buahnya cenderung kenyal.
Kulit buah pisang nangka cukup tebal dan berwarna hijau meskipun telah matang. Bila sudah kelewat matang baru berubah menjadi kekuningan hingga coklat. Pisang ini memiliki aroma khas mendekati aroma buah nangka.
Ukuran pisang nangka bisa mencapai panjang 15 cm. Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah.
8

Pisang Tanduk

Sama seperti pisang nagka, pisang tanduk termasuk jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Ukuran pisang tanduk terbilang besar, panjangnya bisa mencapai 28 cm.
Bentuk buahnya melengkung. Kulit buah pisang tanduk berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam, kulitnya cukup tebal. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah.
9

Pisang Kepok

Varietas Buah Pisang
Pisang kepok termasuk pisang olahan, umumnya disajikan dengan direbus atau digoreng. Kulitnya tebal berwarna kuning bila matang. Daging buahnya kekuningan. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, satu sisir terdiri dari 20 buah.
10

Pisang Cavendish

Varietas Buah Pisang
Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.
Pisang cavendish merupakan primadona ekspor. Pisang ini diminati oleh pasar Timur Tengah dan Cina. Sayangnya cavendish rentan terhadap serangan hama dan penyakit pisang.
Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir, satu sisir terdapat 6-9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar