Pengertian dan Manfaat
Pemasaran Online
Cara manual atau tradisional di dunia pemasaran
mulai ditinggalkan karena terbilang kurang efektif dalam berbagai hal. Untuk
itu, anda harus mengetahui tentang apa itu Pengertian dan Manfaat Pemasaran
Online
Menurut Wikipedia,
promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan,
dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah satu dari empat
elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P: price, product,
promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual.
Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.
Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz, promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Sebenarnya ada banyak sekali versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran diseluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.
Tujuan Promosi
Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :- Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
- Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
- Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
- Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
- Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk
Jenis-Jenis Promosi
Ada banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia :Promosi secara fisik
Promosi dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual membuka semacam “stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.Kelebihan jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai produk atau jasa tersebut, dan dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga. Ya, interaksi di lapangan sangat memungkinkan orang langsung melakukan pembelian.
Kekurangan cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.
Promosi melalui media tradisional
Yang dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.Kelebihan jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan media yang memang cukup luas.
Kekurangan cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan biaya yang sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.
Promosi melalui media digital
Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia, yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet secara global menggunakan media sosial.Kelebihan promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Kekurangannya berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang cukup berat bagi para pemasar agar lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini agar lebih menarik calon konsumen dibandingkan kompetitor.
Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang paling banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.
Macam–Macam Media Promosi
Beragam media-media
promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan suatu produk ataupun jasa yang
dipasarkan. Media-media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan adalah
sebagai berikut;
1. Brosur
Di Indonesia mulai
dikenal pada tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi perusahaan secara
komersil. Brosur pertama kali datang diperusahaan milik Belanda. Pada era 1930
hingga 1942, brosur mulai berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian
brosur pertama mengiklankan produk keperluan seperti odol, sabun, tawaran
kursus, bahkan produk kerajinan seperti batik beredar pesat.Brosur adalah
terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman,
tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya
sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat),
biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Menurut definisi UNESCO,
brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam
satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari
48 halaman, di luar perhitungan sampul.
Bentuk dan isi bila
terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi,
dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang
terpisah
2. Catalog
Media ini biasanya memuat
informasi yang lebih lengkap dibanding flyer ataupun brosur, sangat tepat untuk
mempromosikan produk dengan jumlah banyak. Katalog memuat informasi yang lebih
lengkap, dari informasi seputar spesifikasi produk, gambar produk, kelebihan
dan keunggulan, bahkan setiap kali diinformasikan juga harga produk tersebut.
Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang
sesuai dengan keinginan dan anggaran biayanya.
Terkadang produk-produk
yang didisplay pada katalog disertai juga dengan info diskon. Contoh penggunaan
katalog antara lain digunakan oleh Giant, Alfamart, Hero, Carrefour, Matahari,
Olimpic, Colombia, dll
3. Pamphlet
Pamphlet (pamplet) adalah
semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid. Mungkin hanya terdiri dari satu
lembar yang dicetak di kedua permukaannya. Tapi bisa juga dilipat di bagian
tengahnya sehingga menjadi empat halaman. Atau bisa juga dilipat tiga sampai
empat kali hingga menjadi beberapa halaman.
Jika dilipat
menjadi empat, pamphlet itu memiliki nama tersendiri yaitu leaflet. Penggunaan
pamphlet atau leaflet umumnya dilakukan untuk pemasaran aneka produk dan juga
untuk penyebaran informasi politik.
Pamphlet pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1387 sebagai “pamphilet atau “panffet’ yang mengikuti
kepopuleran komik satir saat itu berjudul Phamphilus, Seu de Amore. Phampilus
artinya dicintai semua orang. Pada umumnya, pamphlet dicetak dengan kualitas
baik sebab untuk membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk yang
diinformasikan dalam pamphlet tersebut.
Berbeda dengan poster
yang didesain agar orang bisa mudah membaca informasi walaupun dalam posisi
bergerak, pamphlet ditujukan agar dibaca secara khusus. Pada beebrapa jenis,
pamphlet dimaksudkan agar orang menyimpang agar sekali waktu digunakan bila
membutuhkan informasi.
4. Booklet
Booklet merupakan media komunikasi
massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran,
larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan. Sehingga akhir
dari tujuannya tersebut adalah agar masyarakat yang sebagai obyek memahami dan
menuruti pesan yang terkandung dalam media komunikasi massa tersebut.
Menurut Effendy
Sholeh dalam bukunya, periklanan di era masa kini, menyebutkan bahwa booklet
adalah suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak konsumen-konsumen
produktif. Hal ini disebabkan oleh adanya booklet yang bisa mencakup tidak
hanya produk saja, akan tetapi dapat mencakup berbagai jenis-jenis produk yang
itu bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam hal marketing. Dalam
pembuatan Booklet masih tergantung pada high teknologi, hal ini merupakan
alternatif dalam penampilannya yang efektif dan efisien dalam hasil dan proses
pembuatan booklet tersebut.
Pandangan umum masyarakat
mengenai booklet tidak jauh berbeda dengan promosi atau sponsor-sponsor.
Sebagai contohnya adalah sebuah perusahaan koperasi dalam melakukan
pemasarannya menggunakan jasa media komunikasi massa berupa booklet, seperti
memasarkan barang-barang yang diproduksinya. Mulai dari :
·
bentuk barang produksi
·
keunggulan dan kelemahan barang
produksi
·
perbedaannya dengan barang sama
tetapi diproduksi oleh usaha lain
·
dimana bisa memperolehnya dan
berapa harga dari produksi tersebut
Sedangkan jika ditinjau
dari penyebarluasannya, booklet mempunyai pengertian bahwa adalah sebuah media
dari komunikasi massa yang tidak hanya menyiarkan, memberitahukan dan
memasarkan, akan tetapi booklet ini juga bisa berupa sebuah perwujudan dari
sebuah informasi yang bisa berupa pengertian-pengertian asal usul berdirinya
organisasi, penyuluhan dari organisasi-organisasi, serta pemberitahuan
masyarakat yang biasanya lebih bersifat umum.
Dengan menggunakan booklet , organisasi bisa mengisi booklet
dengan pesan-pesan yang lebih bersifat umum, seperti larangan memakai narkoba,
larangan seks bebas, anjuran agar giat bekerja, anjuran untuk meningkatkan
ketakwaan dan sebagainya sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut.dan
biasanya lembaga-lembaga yang menggunakan metode ini seperti :
1) Organisasi Partai Politik Adalah organisasi yang berfokus
dibidang perpolitikan, seperti partai-partai politik. Lembaga ini menggunakan
media booklet sebagai wadah komunikasi dengan kader-kadernya. Dan juga sarana
promosi Visi dan Misi organisasi partai tersebut sehingga mendapatkan
partisipan yang banyak.
2) Organisasi Kepemudaan Organisasi kepemudaan yang
biasanya bergerak dalam hal-hal kepemudaan, seperti gerakan organisasi pemuda ,
pemuda Nahdlatul Ulama, Gerakan pemuda
Pancasila dan lain sebagainya. Organisasi ini tidak jauh beda dengan organisasi
partai politik, yang menggunakan booklet sebagai wadah aspirasi kejiawaan
anggota-anggotanya dan sumber informasi tentang organisasi tersebut.
3) Organisasi Keagamaan Organisasi ini biasanya
memanfaatkan booklet sebagai wadah dakwah atau si’ar dari agama tersebut.
4) Organisasi Kemahasiswaan Organisasi ini yang
biasanya sangat idealis dengan keintelektualannya ini, biasanya menggunakan
fungsi booklet ini sebagai sarana atau wadah untuk mengaktualisasikan teori
yang ada di benak mereka.
5) Organisasi Kedaerahan Organisasi kedaerahan ini
memanfaatkan media komunikasi yang berupa booklet sebagai sarana untuk
memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan daerah yang bersangkutan.
b. Keunggulan dan
kelemahan
Sesuatu itu tak mungkin
bisa lepas dari keunggulan dan kelemahan. Sedangkan keunggulan dan kelemahan
dari booklet itu adalah :
·
Keunggulan-keunggulan dari booklet
itu adalah bahwa booklet ini menggunakan media cetak sehingga biaya yang
dikeluarkannya itu bisa lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media
audio dan visual serta juga audio visual. Proses booklet agar sampai kepada
obyek atau masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu. Proses penyampaiannya juga
bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada, lebih terperinci dan jelas, karena
lebih banyak bisa mengulas tentang pesan yang disampaikannya.
·
Kelemahan : booklet ini tidak bisa
menyebar ke seluruh masyarakat, karena disebabkan keterbatasan. Tidak
langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada
penyampai pesan tidak secara langsung (tertunda). Memerlukan banyak tenaga
dalam penyebarannya.
5. Spanduk
Spanduk merupakan suatu
media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam
memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau
diwarung-warung. Spanduk banyak dimininati oleh para perusahaan dalam
memasarkan produknya, sebab harganya pembuatannya yang cenderung murah, selain
itu sangat efektif dalam media promosi, tergantung desain yang pas untuk
promosi produk.
Spanduk menurut dominikus
juju dalam bukunya “desain promosi” mengatakan bahwa sebuah media informasi
yang memberitahu informasi kepada masyarakat banyak. Pada awalnya, spanduk
hanya terbatas menggunakan media kain dan sablon tapi seiring perkembangan
zaman spanduk sekarang bisa dengan mudah dibuat menggunakan digital printing
dan hasil dari digital printing pun lebih baik dan kreatif dengan bantuan
software-software yang canggih serta proses pembuatannya juga tidak terlalu
lama daripada menggunakan sablon. Media pembuatan spanduk kini tidak terbatas
pada kain tetapi dapat juga menggunakan bahan-bahan yang lebih baik dan dapat
tahan lama.
Kelebihan dan Kekurangan Spanduk
·
Kelebihan
1. Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia
dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca.
2. Media yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat
dengan tenang, membaca dengan teliti
3. Iklannya dan dapat membaca kembali bagianbagian
menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat
permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti.
4. Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari jarak
jauh.
5. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari
isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
·
Kekurangan
1.
Untuk menikmatinya diperlukan
kemampuan membaca dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan
visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan
memahaminya.
2.
Membutuhkan proses penyusunan dan
penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama.
3.
Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi,
sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
6. Billboard
atau Papan Reklame
Billboard atau sering disebut dengan papan reklame
adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Dapat dikatakan
pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang
diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.
Di Indonesia,
billboard punya definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan
bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya
yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap,
dan reklame tersebut bersifat permanen.Sehingga papan iklan di atas toko pun
masuk kategori billboard.
Sebelum era globalisasi
penyebaran reklame atau billboard belum begitu meluas, sehingga pemanfaatan
reklame tidak bisa maksimal (hanya) beredar/diketahui oleh
masyarakat-masyarakat tertentu. Sedangkan di era globalisasi ini reklame sudah
menyebar luas melalui media komunikasi yang ada yang berjalan seiring dengan
perkembangan teknologi. Sehingga tidak hanya masyarakat atau kalangan tertentu
saja yang dapat mengetahui atau menikmatinya tetapi hampir dilapisan masyarakat
dapat mengetahui dan menikmatinya Reklame dalam suatu pengertian yang luas
merupakan suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti
isi reklame tersebut. Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos
sedangkan dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan
Clame atau Clamosartinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu
teriakan/ seruan yang berulang-ulang. Reklame dapat juga diartikan sebagai
suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya
laku di pasaran.
Reklame memiliki dua
sifat, pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan
untuk memperoleh keuntungan. Dan reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame
yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk
material
Terdapat beberapa hal
yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat
dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:
a) Persuasif (mengajak) Yaitu kegiatan reklame
diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat
b) Estatis(induk) Untuk dapat memvisualisasikan reklame
dengan indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain:
·
Keseimbangan ( balance )
·
Harmonis Irama ( ritme )
·
Kontras ( berlawanan )
·
Etis ( sopan atau sesuai dengan norma
)
·
Edukatif ( mendidik )
Pada era digital saat
ini, billboard atau reklame pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah
digital billboard, Contohnya digital billboard yang sering digunakan dalam
melakukan promosi produk seperti :
·
Megatron
Dapat dikatakan bahwa
megatron merupakan sebuah billboard yang sesuai dengan kemajuan era masa
digital yang telah menggunakan tampilan elektronik berupa gambar bergerak gerak.
·
Videotron
Sebuah billboard yang sudah sangat mengikuti
kemajuan masa era digital terkini yang mana menampilkan isi iklan berupa gambar
film atau video digital sebagai media utamanya, maka media reklame ini sudah
disebut dengan videotron. Videotron mampu memberikan nuansa kemeriahan
kota-kota besar. Keberadaan videotron di kota modern sangat diperlukan,
videotron saat ini telah menjadi suatu media ruang iklan lebih efektif
dibandingkan dengan baliho atau media lain seperti spanduk. Selain menampilkan
gambar yang interaktif berupa video, videotron juga bisa digunakan untuk sosialisasi,
kegiatan sosial dari pemerintah ataupun perusahaan berbentuk video.
Kelebihan dan Kekurangan Billboard
Kelebihan
a) Relatif Murah Media luar ruang/billboard
sesungguhnya memerlukan pembiayaan yang relatif murah karena berlaku selama 1
tahun untuk sekali kontrak/pembayaran.
b) Penjadwalan Fleksibel Penjadwalan / penempatan
media luar ruang relative fleksibel karena dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi
yang dianggap paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan.
c) Dampak yang jauh adalah mampu mempengaruhi
langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard.
d) Potensi Kreatif Media luar ruang memiliki
fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan
praktisi-praktisi kreatif.
Kekurangan
a) Pesan Terbatas Sebab waktu baca / penglihatan yang
sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau
singkat.
b) Tidak efektif bagi pengendara mobil Pengendara
mobil yang membutuhkan konsentrasi penuh, kadang-kadang mengesampingkan
berbagai hal yang ia lewati, termasuk billboard yang mengiklankan produk
tertentu, apalagi membaca secara jelas.
c) Kendaraan umum yang penuh sesak Dalam kota-kota
besar seperti mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk
yang diiklankan dalam billboard.
d) Potensi Kreatif Media luar ruang memiliki
fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan
praktisi-praktisi kreatif.Jakarta, di mana kendaraan umum adalah sarana transportasi
bagi sebagian besar masyarakat, menyebabkan kondisi yang penuh sesak dan
menyulitkan untuk sekedar melihat ke luar kendaraan.
e) Sasaran Pengrusakan Media-media luar ruang rentan
terhadap pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adanya media iklan
yang dipasan.
7. Banner
Perkembangan teknologi
digital printing membuat X-Banner cukup popular digunakan pada saat ini.
Dihasilkan dengan mesin flexi, X-Banner menghasilkan kualitas yang cukup bagus
namun harga yang terjangkau. Media ini biasanya berukuran 60cm x 160cm dan
dibantu dengan penyangga (yang berbentuk seperti huruf x) agar mudah berdiri.
·
Kelebihan
a) Banner jika penempatan dan desain yang baik, iklan
banner dapat memberikan di atas ratarata iklan lainnya.
b) Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik.
c) Penayangan iklan mudah dilacak dengan alat
pelacakan yang tersedia. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang
tertarik dengan penawaran Anda.
·
Kekurangan
a) Beberapa jenis iklan banner sering terlihat
menjengkelkan dan sangat menganggu.
b) Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah
pengguna melihat iklan.
c) Oversaturation iklan banner menyebabkan kebutaan iklan.
Harga iklan menurun akibat desain banner.
8. Flyer
Flyer merupakan sebutan
lain dari brosur, pamphlet, atau booklet. Merupakan terbitan tidak berkala yang
dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan
terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan
satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki
sampul, tapi tidak menggunakan jilidkertas.
Bila terdiri dari satu
halaman, pamphlet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola
lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamphlet yang
hanya terdiri dari saru lembar/halaman serign disebut selebaran dan dalam
bahasa inggris disebut leaflet atau flayer.
Flyer memuat informasi
atau menjelaskan tentang sutu produk,layanan, fasilitas umum profil perusahaan,
sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam flyer
ditulis dalam bahasa ringkas dan mudah dipahami dalam waktu yang singkat. Juga
didesain agar menarik perhatian, dan dicetak diatas kertas yang baik dalam
usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
9. Kartu
nama
Beberapa tahun ini
kebutuhan akan kartu nama untuk sebagian manusia dirasa kurang bermanfaat,
sebab kecenderungan sekarang dengan adanya Smartphone yang makin terjangkau dan
memasyarakat, sehingga dalam bertukar nomor telepon, alamat email, pin bb,
bahkanlokasi usaha mudah ditemukan dengan Google maps.
Kartu nama dapat dianggap
penting saat kita akan menonjolkan profil diri atau pekerjaan kita yang kadang
tidak bisa dipersentasikan secara deatail melalui sebuah handphone, smartphone,
atau Blackberry. Dengan kartu nama tersebut, dapat memunculkan kesan baik
ataupun kepercayaan profesiionalisme dibanding hanya menyebutkan angka nomor
telepon yang terkadang kita salah pencet sehingga tidak bisa menghubungi atau
terkadang salah sambung.
Kartu Nama bagi seorang
pembisnis, baik itu owner maupun karyawan sangatlah penting, kartu nama juga
berfungsi sebagai salah satu sarana promosi yang efektif untuk perusahaan
ataupun usaha jasa perseorangan, untuk mengingatkan kembali layanan maupun
pesan-pesan yang kita sampaikan kepada calon pelanggan.
10.Media cetak
Media cetak adalah media
massa yang berbentuk printing dimana dinikmati dengan membaca dan bentuk
medianya statis. Artinya, media ini
dengan bentuk tercetak dimana
Umumnya, terbit paling cepat sehari sekali (di beberapa negara, ada media cetak
yang terbit sehari dua kali). Dengan
sistem penulisan secara in dept (lebih mendalam dan lengkap).Kedua bentuk media
massa tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas serta memiliki kekurangan
dan kelebihan pada masing-masing karya
jurnalistik.
Jenis –jenis Media Cetak
yaitu:
a.
Koran
Merupakan media cetak
yang terbit setiap hari secara teratur, tulisannya dalam bentuk berita,
artikel, feature, tajuk dll. Informasi yang disajikan lengkap menjawab rumusan
yaitu 5W 1H (what, who, when, where, why, dan how). Isi informasi ditujukan
untuk mempengaruhi atau mempersuasifkan secara rasional atau pikiran.
Kelebihan media ini
adalah karena harganya murah, informasi lengkap dan selalu actual, mudah dan
cepat menjangkau khalayak yang dinginkan, mudah disimpan dan dibawa. Namun
kekurangannya adalah isi pesan terlalu singkat, penyajian gambar kurang menarik
dan pesan hanya bisa disampaikan bagi public yang memiliki kemampuan membaca.
b. Majalah
Majalah adalah media yang
digunakan untuk mengahasilkan gagasan feature dan publisitas bergambar untuk
bahan referensi dimasa mendatang. Majalah biasanya terbit seminggu sekali.
Kelebihan media ini adalah mampu menyajikan informasi yang tidak hanya menjawab
5 W + 1H, tapi juga secara tuntas dengan bahasan dari berbagai sisi, dicetak
dengan kertas yang menarik dan berkualitas sehingga mampu menampilkan gambar-gambar
yang lebih menarik dan mampu disimpan
pada jangka waktu yang sangat lama. Namun kekurangannya bahwa media ini
pesannya tidak bisa segera di peroleh public, dan harganya mahal.
11.Ambient
Art Ambient media atau
Ambient Artmerupakansalah satu bentuk new media dalam beriklan. Ambient media
atau Ambient Art memiliki cara yang berbeda dengan iklan konvensional dalam hal
konten atau yang lainnya. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah
memberikan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) kepada
konsumen. Ambient media: “It works for two simple reasons-it gets people's
attention and provokes an emotional response”. (Syamsul Bahri, 2007)
Pada umumnya Ambient Art
berusaha memainkan emosi khalayak sasaran dengan cara mengangkat ide lucu
(visual pun), horor, hal-hal yang menjijikan, atau bentuk ekspresi dan
emosional lainnya dan berusaha melibatkan khalayak diajak untuk terlibat; dari
mengarahkan mata, memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan sebagian atau
keseluruhan tubuh dalam iklan.
Beberapa faktor yang
mendukung perkembangan ambient media diantaranya:
·
Isu yang berkembang
·
Persaingan
·
Menurunya kekuatan media konvensional
(seperti spanduk, banner, billboard, dll)
·
Semakin semerawutnya jumlah iklan
televisi yang menggempur konsumen setiap hari
·
Adanya tuntutan permintaan yang
semakin tinggi terhadap media komunikasi non konvensional. Media yang tidak
biasa out of standard. Dan menarik
·
Kebutuhan untuk menjaring target
audience yang lebih signifikan bagi produk
·
Perkembangan teknologi, multi media,
internet dan sebagainnya. Ambient advertising menawarkan kelebihan-kelebihan
berikut ini:
·
Bila dekat dengan lokasi pembelian,
biaya kampanye ambient bisa lebih murah ketimbang promosi penjualan dan
(ketimbang diskon) mampu memberi insentif di lokasi pembelian
(point-of-purchase incentive) tanpa efek negatif yaitu merosotnya keuntungan.
·
Kampanye ambient yang diterapkan
dengan baik ikut menggenjot citra merek.
·
Kampanye kreatif kerap mendapat
liputan pers, bahkan kampanye tertentu memang sengaja didesain agar mendapatkan
liputan luas.
·
Kampanye ambient sangat efektif untuk
mengaktifkan kebutuhan.
Ambient media atau
Ambient Art merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen estetik; fotografi,
ilustrasi, desain grafis,happening art, seni instalasi, patung, tata cahaya,
dan komponen seni lainnya. Dengan demikian ambient media memanfaatkan suasana
dan elemen ruang publik yang ada di sekitar media tersebut ditampilkan.
12.Flash mob
Flash mob
merupakan gerakan yang dilakukan sekelompok orang asing yang tiba-tiba
berkumpul di tempat umum, melakukan hal yang tidak biasa untuk beberapa menit,
kemudian membubarkan diri begitu saja.
Kegiatan ini biasanya
diorganisir hanya melalui situs sosial media, email atau media lainnya.
Nama flash mob sebenarnya
berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu flash yang berarti sekejap
atau kilat dan mob yang berarti kerumunan. Makanya, setiap gerakan flash mob
pasti melibatkan banyak orang dan hanya terjadi dalam waktu yang sangat
singkat. Flash mob pertama kali dilakukan di department store terkenal, Macy’s
di Manhattan, New York, Amerika Serikat pada bulan Juni 2003 dengan adegan 100
orang tiba-tiba saja datang ke bagian yang menjual karpet di departemen itu dan
ingin membeli karpet yang sama. Setelah sukses membuat si penjual bingung untuk
beberapa menit, mereka pun membubarkan diri. Gerakan ini dipelopori oleh Bill
Masik, seorang editor dari Harper’s Magazine.
Sekarang gerakan ini ada
di mana-mana dan terkadang dilakukan dalam rangka mendukung sebuah kampanye,
sebagai bentuk protes atau pun bentuk ekspresi. Flash mob di Indoesia kini
telah dilakukan seperti pada tanggal 10
Oktober 2010 lalu sekitar 1.000 orang tiba-tiba menari di bundaran HI dengan
lagu “Love Today” yang dipopulerkan Mika
Flash mob biasanya
dimulai dengan aksi seseorang yang tiba-tiba berteriak, bernyanyi, memainkan
alat musik, atau melakukan gerakan-gerakan aneh yang menarik perhatian. Orang
ini berperan sebagai “provokator” yang mempengaruhi orang lain supaya mengikuti
aksi tersebut. Kemudian aksi tersebut
diikuti oleh banyak orang. Flashmob memiliki keunikan yaitu setelah pertunjukan
selesai, semua penampil lebur dalam keramaian. Suasana langsung berubah seperti
sedia kala, seolah-olah tak terjadi apaapa. Meskipun terlihat spontan, flash
mob sebenarnya dipersiapkan dengan sangat teliti, sering melibatkan penari dan
pemusik profesional. Supaya rencana mereka tidak dapat terbaca oleh penumpang,
pelakunya berpenampilan seperti awak kabin pesawat, petugas bandara atau
seperti penumpang biasa. Atraksi ini juga melibatkan semua kelompok umur, mulai
anak-anak sampai orang tua. Tapi tentu saja semuanya adalah penampil yang
profesional.
13.Social Media (media Sosial)
Media Sosial (Social
Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya
(internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi,
saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan
(networking).
Media sosial merupakan
sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum, dan dunia virtual.Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media sosial menurut
Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works dalam kutipan Wikipedia
mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
·
Pesan yang di sampaikan tidak hanya
untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan
melalui SMS ataupun internet
·
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa
harus melalui suatu Gatekeeper
·
Pesan yang di sampaikan cenderung
lebih cepat di banding media lainnya
·
Penerima pesan yang menentukan waktu
interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial
Media sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
·
Facebok
Facebook sangat cocok
dalam media pemasaran atau promosi yang
baik, sebab banyak sekali para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua
orang memiliki facebook dan pernah melakukan pengecekan facebook. Bahkan ada
banyak orang yang telah kecanduang bermain facebook sepanjang hari melakukan
pengecekan status dan pembuatan status
didalam facebook, hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan para pembisnis atau
pengusaha dalam memasarkan produknya. Facebook merupakan media promosi yang
tergolong murah dan masih dianggap sangat efektive. Facebook pertama kali hadir
pada bulan Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awal
berdirinya Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas
Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak
sekolah. Setahun kemudian pada tahun
2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal atau dikatakan terbuka untuk
siapa saja. Baik dari belahan Manfaat
FacebookØbumi manapun, semua orang bisa bergabung dengan Facebook. Facebook telah menjadi situs sosial networking
terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan.
Berikut adalah beberapa
manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang
ini :
·
Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman,
manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama
kita disini.
·
Tempat promosi, bisa menjadi media
promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan
menggunakan Halaman Indovisual Presentatamasebagai tempat promosi situs saya.
·
Tempat diskusi, salah satu fitur di
situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa
berdiskusi tentang apapun.
·
Sebagai Tempat Untuk Menjalin
Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita
mendapatkan seorang pacar.
·
Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain,
disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu
ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya
·
Kelebihan
a) Menggunakan facebook sangat mudah.
b) Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui
jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
c)
Upload gambar mudah, dan bisa dibuat
album foto.
d) Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang
sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
e) Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group
kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih
spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
·
Kekurangan
a) Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat
pengguna bingung.
b) Layout yang tidak bisa diganti.
c)
Alur informasi masih kalah cepat
dengan twitter.
·
Twitter
Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Twitter Inc. Keguanaan twitter yaitu para pengguna dapat
membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Selain
itu pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
followers (pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu
jejaring sosial paling populer di dunia. Pengertian twitter menurut andy shera
dalam bukunya Step by Step Internet Marketing adalah suatu website yang memberi
fasilitas kepada membernya untuk mengupdate kegiatannya sehari-hari. Berikut
ini kelebihan dan kekurangan twitter.
·
Kelebihan
a) Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi
komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
b) Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering
terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya,
lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
c)
Terdapat fitur trending topic yang
memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening
dibicarakan oleh para pengguna twitter.
d) Dapat memasarkan produk secara geratis
·
Kekurangan
a) Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter
saja. Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @,
RT, # dan lainlain.
b) Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
c)
Ukuran avatar (foto profil) kecil
·
Youtube
Youtube mernurut Anwari
dan Java Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib mengatakan
bahwa youtube ada sebuah situs web video sharing (berbagi video ) popular yang
didirikan pada februari 2005 oleh tiga orang karyawan paypal yang tidak bekerja
lagi diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan jawed. Menurut
perusahaan penelitian internet hitwise,
pada Mei 2006 Youtube memiliki pangsa pasar 43 persen. Hal ini yang menjadi
suatu peluang bagi pengusaha dalam mempromosikan suatu produknya didalam
youtube, baik dengan cara beriklan pada
situs ini maupun memasang iklan berbentuk video yang kemudian diunggah kedalam situs youtube.
Adapun beberapa manfaat
lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi
anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload
video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang
gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana
hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam
tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial
untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau
mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut ini kelebihan dan kekurangan youtube.
·
Kelebihan
a) Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
b) Sebagai ajang promosi diri
c) Bisa mendownload setiap video
d) Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
e) Ukurannya ada yang HD, bisa di download videonya
banyak
·
Kekurangan
a) Bisa disalahgunakan penggunanya
b) Banyak informasi yang menyesatkan
c)
Banyak negara yang memblok Youtube
d) Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang
tidak berguna atau video pornografi yang terupload
e) Gambarnya tersendat sendat
f)
Banyak video dengan kualitas buruk
g) Tidak cocok untuk slow conection
·
Blog
Memiliki blog bisnis
dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun besar dengan
anggaran pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki web secara
resmi atau bayar maka blog merupakan alternatif yang menawarkan
setup gratis dan mudah perawatan. Web Log atau yang sering juga disebut BLOG
adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online
dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Dapat juga
berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu
tempat. Blog sendiri memiliki ciri-ciri secara umum yaitu sebagai berikut:
·
Memiliki Nama dan Alamat yang bisa
diakses secara online
·
Memiliki tujuan
·
Memiliki isi atau postingan yang
berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
·
Postingan atau isi blog terarsip
(tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
·
Isi Blog umumnya selalu bertambah
atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Blog memiliki kemiripan
atau sama dengan situs-situs atau web yang sering temui di internet. Materi dan
konten merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat
disarankan lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.
Manfaat blog dikalangan
pembisnis yang paling utama adalah
sebagai alat promosi secara online di dunia dengan menggunakan fasilitas
internet. Berikut ini merupakan manfaat-manfaat lainnya dalam mempromosikan
produk pada media blog sebagai berikut:
1) Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan
untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru.
Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini
perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan
komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk,
management maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh perusahaan yang
sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google.
Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan
berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk
baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan
lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui
Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat
baik.
2) Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga
personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’.
Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan
dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian,
pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di
bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan
layanannya. Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak
membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di
blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam
bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran
project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting
tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu
memiliki keahlian di topik tersebut.
3) Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat
memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang
akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan
undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh,
banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini
publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang
akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang
tertarik untuk menonton film saat dirilis.
4) Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan
salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan
yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat
shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target
penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz
mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya,
berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat
menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5) Memperbaiki Kesalahan
Perusahaan Mungkin
beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami
oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini
mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah
satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan
menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut
menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat
salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang
sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan
akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh
konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak
akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika
perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan
segera melakukan perbaikan.
6) Sebagai media kolaborasi, project management dan
komunikasi internal
Bagi internal perusahaan,
blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar
karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai
perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam
blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog
akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan
meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan
·
Google Plus
Google Plus merupakan
jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google plus dikeluarkan pada
tanggal 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba pada hari
tersebut, pengguna Google plus diijinkan
untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, sehari
kemudian Google plus diberhentikan, sebab pembuatan akun semakin membeludak.
Google plus
mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan
memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles.
Google plus juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi
ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi (OS).
Manfaat Google plus salah
satunya adalah untuk mendapatkan income atau pendapatan. Manfaat paling utama
dari google plus dilihat dari penggunaannya sebagai usaha adalah dari segi
marketing, promo dan juga meningkatkan penjulanan. Saat menjalankan bisnis,
maka google plus dapat dimanfaatkan dalam pemasaran inline. Pada dasarnya penggunaan promosi online
dengan menggunakan google plus tidak ada bedanya dengan media sosial lainnya,
tetapi ada beberapa cara dalam menggunakan google plus dengan baik untuk
keperluan usama/ sebagai promosi usaha :
1) Tingkatkan jumlah pertemanan pada aplikasi Google
plus.
Dengan semakin banyak
teman dalam lingkaran (circle) pertemanan, maka kesempatan usaha atau promosi
usaha akan banyak dikenal banyak orang. Salah satu cara menambah teman adalah
dengan klik tulisan “tambah” tau “add”
disisi kanan dari nama profil yang ada.
2) Rutin memposting mengenai produk yang dipromosikan
Memberi pengetahuan
mengenai produk (product knowledgw) kapada temanteman dilingkarang Google plus.
Sebab dengan member informasi mengenai manfaat, detail produk, kelebihan dan
cara penggunaan produk, membuat teman atau konsumen anda yang berada di Google
plus akan mengenal lebih mengenai produk yang sedang dipromosikkan.
3) Tulis mengenai tips yang berhubungan dengan produk
yang dipromosikan
Memberikan tips, trik,
tutoeial menegenai produk yang dipromosikan merupakan cara terbaik untuk
memberikan pengetahuan mengenai produk tersebut. Selain itu, dapat
memperlihatkan kemampuan atau expertise mengenai bisnis yang sedang dijalnkan.
dengan memperlihatkan kemampuan serius dalam melakukan promosi produk, maka
akan membuat teman-teman pada Google plus percaya bahawa promosi ini serius dan
memiliki kemampuan yang dipercaya dalam menjalankan bisnis tersebut, dan calon
yang menjadi konsumen anda tidak akan ragu untuk memulai mengontak atau
berhubungan bisnis.
4) Membuat google page dengan nama bisnis
Google memiliki produk
berupa google page. Dimana setiap pemilik Google account dapat membuat beberapa
dan digunakan sesuai keperluannya. Google page dapat dimanfaatkan intuk
mempromosikan usaha yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan penjualan,
Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan
untuk berbagi informasi dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri (self
expression), "pencitraan diri" (personal branding), dan ajang
"curhat" bahkan keluh-kesah dan sumpah-serapah. Status terbaik di
media sosial adalah update status yang informatif dan inspiratif.
Media Promosi yang Tepat Akan Berdampak Baik Pada Hasil
Membahas media promosi, yang terpikir dalam diri adalah ragam benda yang biasa digunakan untuk melakukan promosi. Seperti brosur, poster, flyer, spanduk, hingga banner. Cetak keperluan promosi dengan tepat dan benar, akan berdampak baik pada hasil akhir. Promosi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk usaha kita. Dengan promosi maka produk akan lebih mudah dikenal masyarakat dan mudah mencapai ke target konsumen. Oleh karena itu promosi sangatlah penting bagi perkembangan sebuah usaha. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa melakukan promosi. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan ragam teknik. Seperti berikut ini media promosi yang dapat digunakan.1. Promosi Media Cetak
Promosi yang sampai saat ini terbilang efektif adalah menggunakan media promosi dalam bentuk fisik atau dicetak. Seperti yang sering dilihat, mencetak media promosi, cenderung lebih efektif. Sebab, dengan begitu calon konsumen dapat membaca lebih detail mengenai penawaran yang diberikan. Media promosi yang dimaksud seperti cetak brosur, flyer, poster, banner, spanduk, katalog, dan lain sebagainya. Promosi menggunakan media cetak, hingga saat ini masih menjadi pilihan bagi mereka yang akan melakukan pemasaran.
Jika Anda ingin melakukan promosi dengan media cetak, dapat mencetaknya di Uprint.id. Tidak perlu datang langsung, Anda dapat mencetaknya secara online. Dengan cara mengisi data di dalam website, kemudian Anda pilih media promosi apa yang dibutuhkan. Setelah itu Anda dapat mengunduh gambar atau desain ke dalam website.
2. Promosi Media Internet
Perkembangan teknologi telah merubah segalanya termasuk dalam bidang bisnis. Namun ini sangat menjadi kemudahan untuk melancarkan proses jual beli. Beriklan melalui media internet ini biasanya melalui banner website dan juga program iklan berbayar lainnya seperti Google Ads dan Facebook Ads. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Ini juga termasuk dalam promosi media internet. Melakukan kegiatan promosi seperti ini juga terbilang efektif. Sebab, saat ini internet mendominasi kegiatan semua orang. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan remaja juga menggantungkan hari-hari mereka dengan internet.
3. Promosi Media Produk
Kegiatan promosi seperti ini juga tidak sedikit yang menggunakannya. Terutama bagi mereka yang menjadi sponsor dalam sebuah acara. Anda dapat mengikuti cara berbisnis yang satu ini. Cobalah untuk mencetak kaos, tas, atau produk lainnya yang dapat dijadikan media promosi. Untuk hal yang satu ini disarankan menggunakan media tas spunbond. Sebab, tas spunbond atau sejenis tote bag ini akan efektif dan sering digunakan. Terutama bagi mereka yang mencintai lingkungan dengan tidak atau membatasi penggunaan kantong plastik. Untuk hal yang satu ini, Anda diharuskan melihat peluang yang menguntungkan.
4. Promosi Media Elektronik
Media elektronik juga menjadi salah satu cara ampuh untuk melakukan pemasaran produk. Dengan menggunakan televisi misalnya, atau melalui radio. Promosi menggunakan media elektronik ini membutuhkan budget yang tidak sedikit. Terutama jika Anda memasang iklan di jam-jam tertentu atau saat primetime. Jam primetime itu sekitar pukul 19:00 hingga 22:00 malam. Sebab, di jam-jam tersebut orang akan lebih sering melihat televisi atau mendengarkan di radio. Jika Anda ingin memasang iklan di waktu tersebut, siap-siap untuk merogoh kocek yang dalam. Sebab, biaya pemasangan iklan di waktu tersebut sangatlah mahal. Jika diperhatikan, perusahaan besar cenderung memasang iklan di jam-jam tersebut. Terutama, perusahaan yang memiliki income besar.
Itulah media promosi yang dapat
Anda gunakan. Namun sebelumnya, Anda juga harus memahami tujuan melakukan
kegiatan promosi, sebelum membuatnya. Orang melakukan promosi untuk mencapai
suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi adalah sebagai berikut :
1. Untuk menyebarkan informasi
suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
2. Untuk mendapatkan konsumen baru
dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
3. Untuk menaikkan penjualan serta
laba atau keuntungan.
4. Untuk membedakan dan
mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk
kompetitor.
5. Untuk branding atau membentuk
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang
diinginkan.
6. Untuk merubah tingkah laku dan
pendapat konsumen tentang suatu produk.
Pak, pelajaran hari ini menyenangkan....... 👏👏👏
BalasHapusPak pelajaran hari ini mengasyikkan
BalasHapusYuhuuuu🎊
Pelajaran hari ini kayak pisang krenyes pak,manis dan menyenangkan!uhuuu
BalasHapusPak,,belajar hari ini asssssssyik👌👌
BalasHapusPak pelajaran harii inii asiiiqqqq����
BalasHapusPak....belajar hari ini sangat gokil👐👏
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus👍👍😊😍
BalasHapus👍👍👍👍👍
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus